VPS (Virtual Private Server) merupakan sebuah layanan web hosting yang menawarkan sumberdaya lebih besar dibanding shared hosting. VPS cocok untuk digunakan website dan blog yang sudah memiliki banyak pengunjung di setiap harinya.

Pengertian VPS Hosting

VPS hosting adalah satu diantara sekian macam layanan web hosting yang saat ini memiliki jumlah pengguna paling banyak. Tipe hosting yang satu ini menggunakan teknologi virtualisasi yang menyediakan sumberdaya dedicated di server (meskipun jumlah user yang menggunakan lebih dari satu orang).

VPS merupakan pilihan tepat bagi website dan blog berskala sedang-besar karena lebih lebih stabil serta aman jika dibandingkan dengan shared hosting, yang mana pada layanan shared hosting pengguna tidak menggunakan ruang server yang sifatnya dedicated. Namun, dari sisi harga shared hosting tentunya jauh lebih murah katimbang Virtual Private Server.

Adapun bagi Anda pemilik website dengan lalu lintas yang cukup tinggi per harinya, Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan VPS agar website Anda senantiasa bisa diakses secara normal karena memiliki resources sebagaimana yang diperlukan website Anda. 

Bagaimana Cara Kerja VPS Hosting?

Jika Anda belum banyak mengerti tentang VPS namun merasa membutuhkannya, mungkin Anda ingin mengetahui seperti apa cara kerja VPS.

Server adalah komputer, yaitu tempat web hosting Anda menyimpan file dan database yang dibutuhkan website atau blog self-hosted Anda. Ketika pengunjung membuka website Anda, browser akan mengirimkan request (permintaan) ke server, kemudian server mentransfer file yang diperlukan melalui internet. Fungsi VPS adalah menyediakan server virtual yang meniru server fisik walaupun pada kenyataannya server tersebut terbagi untuk beberapa pengguna.

Dalam pengaplikasian teknologi virtualisasi ini, penyedia hosting menginstall layer virtual diatas sistem operasi (OS) dari server. Layer ini membagi server ke partisi yang memungkinkan setiap pengguna untuk menginstall OS dan software mereka.

Oleh karena yang demikian itu, VPS memiliki sifat virtual dan juga private karena Anda memiliki kendali penuh. Server ini terpisah dari server user lainya di level Sistem Operasi. Bahkan, teknologi VPS hosting mirip dengan proses pembuatan partisisi di komputer ketika Anda ingin menggunakan lebih dari satu Sistem Operasi tanpa perlu melakukan reboot.

Dengan menggunakan VPS, artinya Anda membuat website di platform yang memiliki keamanan lebih baik dengan jaminan sumberdaya (memory, CPU core, disk space, dsb) yang tidak mengharuskan Anda untuk berbagi bersama pengguna lainnya.

Keuntungan menggunakan VPS hosting adalah Anda memiliki akses root-level yang sama seperti halnya Anda menyewa dedicated server namun dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan harga dedicated server pada umumnya.

Jenis VPS Hosting

Layanan VPS hosting terbagi menjadi dua macam, yaitu VPS Managed dan VPS Unmanaged dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

VPS Managed adalah layanan VPS yang mana penyewa hanya tinggal pakai saja – tidak perlu install OS dan melakukan pengaturan lainnya.

Sementara itu, VPS Unmanaged adalah kebalikan dari VPS Managed, yaitu mengharuskan pengguna untuk menginstall OS sendiri serta bertanggung jawab untuk melakukan monitoring server sendiri.

Kelebihan VPS Managed adalah pengguna tidak perlu melakukan pengaturan apapun – tinggal menggunakan saja. Sementara kekurangannya yakni di harga yang mahal.

Adapun kelebihan VPS Unmanaged adalah harganya murah, namun akan sedikit menyulitkan bagi pemula karena mereka harus mengetahui cara mengoperasikan VPS yang berbeda dengan layanan shared hosting atau VPS Managed.

Namun, jika kemudian Anda memutuskan untuk memilih VPS Unmanaged, sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir karena Anda bisa belajar cara menggunakan VPS mulai dari awal. Referensinya banyak sekali. 

Kapan Kita Membutuhkan VPS?

VPS sebenarnya tidak hanya digunakan untuk keperluan hosting website. Namun, karena bahasan dalam artikel ini mengacu pada kebutuhan website, maka pembahasannya hanya akan berada di lingkup website.

Pada dasarnya website Anda membutuhkan Virtual Private Server jika kebutuhan sumberdaya website Anda sudah tidak bisa terpenuhi oleh layanan shared hosting baik itu berupa disk space, RAM, CPU, atau bandwidth.

Jadi, jika Anda punya pertanyaan apakah website atau blog Anda sudah perlu menggunakan VPS? Maka jawabannya adalah apakah saat ini performa website Anda masih terbilang normal? Jika load time website Anda masih normal, pun tidak adalah masalah dengan disk space, maka itu artinya website Anda masih bisa mengandalkan shared hosting.

Sebaliknya, jika website Anda ternyata memiliki load time sangat lambat atau bahkan sering tidak bisa diakses, maka itu artinya website Anda sudah membutuhkan VPS.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih VPS

1. Penyedia VPS

Jika diperhatikan, hampir semua penyedia layanan web hosting di Indonesia menawarkan VPS baik itu yang berupa reseller maupun yang berbentuk perusahaan.

Agar VPS yang Anda pilih merupakan layanan VPS berkualitas, pastikan Anda memilih perusahaan yang sudah memiliki nama, sudah digunakan banyak orang, dan memiliki ratings bagus.

2. Besaran Sumberdaya

Jangan mudah terperdaya dengan janji atau klaim yang sangat berbau marketing. Anda harus bisa memastikan bahwa VPS yang akan Anda beli memang menawarkan sumberdaya yang mampu mengakomodir kebutuhan hosting website Anda.

Selain membaca di website penyedia, Anda juga bisa menghubungi customer service secara langsung untuk menanyakan berbagai hal yang perlu Anda ketahui agar Anda tidak salah pilih.

3. Teknologi yang Digunakan

Penting untuk mengetahui teknologi yang digunakan perusahaan penyedia VPS yang akan Anda pilih karena standar teknologi yang mereka gunakan akan menentukan bagus dan tidaknya VPS mereka.

4. Perhatikan Pelayanan Pengguna

Penyedia VPS hosting yang bagus mestinya menyiapkan tim dukungan pelanggan 24 jam non-stop. Pengguna harus bisa menghubungi tim dukungan teknis kapanpun mereka membutuhkan bantuan baik melalui live chat, tiket, email, atau telepon.

5. Harga Terbaik

Mengapa mempertimbangkan harga itu penting? Sebagai pengguna sudah pasti kita menginginkan harga yang paling murah namun kualitasnya tidak murahan. Faktanya, harga mahal tidak menjadi jaminan kualitas bagus. Pun demikian harga murah juga tidak selalu berkualitas buruk. Jadi, fokus pada perusahaan penyedia VPS terpercaya, bandingkan harganya, dan pilihlah perusahaan yang menawarkan harga terbaik (termurah) dikelasnya.

VPS Murah Indonesia

Ada puluhan penyedia VPS terbaik Indonesia yang saya pelajari untuk menentukan pilihan secara tepat, dan berikut ini adalah beberapa perusahaan terpercaya yang menyediakan VPS murah berkualitas yang bisa Anda pertimbangkan.

Rekomendasi VPS Murah Indonesia #1

Hostinger.co.id

vps murah indonesia #1

Hostinger merupakan satu diantara perusahaan penyedia web hosting terbaik di Indonesia. Sebagai perusahaan web hosting berskala internasional, Hostinger menawarkan beragam tipe web hosting untuk penggunanya mulai shared hosting, cloud hosting, Virtual Private Server, hingga dedicated server.

Hostinger juga merupakan salah satu perusahaan web hosting ternama yang sering menawarkan diskon hosting murah, termasuk untuk layanan cloud hosting dan VPS.

Harga VPS di Hostinger ditawarkan mulai Rp 57.699/bulan dengan besaran resources RAM 1 GB, BURST RAM 2 GB, CPU 2.4 GHz (1 core), Disk Space 20 GB, dan bandwidth sebesar 1000 GB.

Jika dibandingkan dengan biaya sewa VPS di perusahaan lain, sejauh ini saya tidak menemukan harga semurah yang ditawarkan Hostinger. Dan kabar gembiranya, meskipun harganya sangat murah, namun mereka memberikan resources yang cukup besar.

Apa pertimbangan memilih VPS Hostinger?

Selain menawarkan VPS termurah, Hostinger juga menawarkan sejumlah keunggulan yang bisa menjadi dasar pertimbangan untuk memilih layanan mereka.

Platform VPS dengan Speed Maksimum

Dengan membeli VPS server di Hostinger, Anda akan mendapatkan daftar template Sistem Operasi yang kesemuanya berbasis Linux dan bisa Anda install hanya dalam beberapa klik saja. Anda bisa menghemat waktu dan mengerjakan pekerjaan penting lainnya.

  1. CentOS
  2. Debian
  3. Ubuntu
  4. Fedora
  5. Open Suse
  6. Scientific

CentOS adalah OS Enterprise-level terbaik yang dirancang untuk memaksimalkan kecepatan dan stabilitas tanpa membahayakan keamanan.

SSD Storage & Ultimate Hardwares

Hostinger memiliki visi menyediakan garansi sumberdaya private server. Cloud VPS mereka ditawarkan apa adanya tanpa adanya klaim yang dibuat berlebihan. Mereka menjamin semua website pengguna akan memiliki kecepatan dan performa optimal. Pengguna bisa lebih leluasa dengan server dedicated canggih yang memuat prosesor Intel Xeon terbaru, terabyte dari SSD disk space, dan RAM 12 GB per server. Server terbaru Hostinger menggaransi power computing yang ultimate dan memiliki kecepatan akses sangat tinggi.

Control VPS Mudah

Dengan Control Panel VPS, kini mengelola virtual private server tidaklah begitu sulit. Anda dapat mengelola dan mengontrol virtual server hanya dengan beberapa klik. Private server bisa dengan mudah Anda reboot, nonaktifkan atau diaktifkan. Selain itu, web script baru juga bisa Anda install.

Dedicated IP (Pv4 & IPv6)

Pengguna Cloud VPS Hostinger bisa menikmati berbagai fitur premium. Salah satu fitur premium VPS Indonesia yang disediakan Hostinger adalah dedicated IP. Lebih menyenangkan lagi untuk VPS dengan harga termurah pun telah dilengkapi protokol Internet IPv4 & IPv6 yang dedicated.

Anda bisa membuat fitur IPv4 mapping untuk koneksi port custom. Dengan memanfaatkan IP dedicated, semua script dan ekstensi Anda bisa dijalankan tanpa ada kendala apapun.

Rekomendasi Cloud VPS Murah Indonesia #2

DomaiNesia.com

vps murah indonesia #2

Pilihan VPS murah terbaik berikutnya adalah VPS dari DomaiNesia. Salah satu web host provider terpercaya lokal dengan jumlah pengguna yang sangat banyak mulai professional blogger, webmaster, hingga web developer.

DomaiNesia merupakan penyedia VPS terbaik Indonesia yang menyiapkan pilihan VPS sangat lengkap. Untuk paket VPS paling rendah, mereka menetapkan biaya sewa Rp 100.000/bulan dengan kapasitas RAM 512 MB, 1 Core CPU, dan kapasitas penyimpanan file sebesar 10 GB (SSD).

Adapun paket VPS tertinggi yang mereka tawarkan adalah paket VPS 24 GB dengan biaya sewa per bulan sebesar Rp 4.800.000. Pengguna akan mendapatkan RAM 24 GB, 16 CPU Core, 480 GB Disk Space, dan 1 Gbps Network.

Kelebihan apa yang ditawarkan DomaiNesia?

Berikut adalah gambaran dari layanan Cloud VPS Murah Indonesia dari DomaiNesia.

  • Teknologi Mutakhir: Intel Xeon E5 akan memastikan performa komputasi tinggi dan kompatibilitas terhadap teknologi terkini
  • Native SSD: Semua instance menggunakan penyimpanan berjenis SSD untuk performa dan IOPS tinggi
  • Instant Spin: Deploy dan spin VM instance dan Anda bisa mendapatkan akses root dalam waktu <40 detik.
  • Spesifikasi Node: Dual Intel Xeon E5, Minimal 64 GB ECC Registered Memory, Enterprise SSD dengan RAID.
  • Bentuk Virtualisasi: DomaiNesia menggunakan virtualisasi penuh dengan KVM untuk efisiensi dan performa VPS yang optimal.
  • Pilihan OS: Sistem Operasi yang tersedia antara lain CentOS, Debain, dan Ubuntu. Anda juga bisa menggunakan custom ISO Anda.

Sebagai informasi, DomaiNesia juga menyediakan hosting WordPress berkualitas yang sejauh ini cukup diminati para pengguna WordPress di Indonesia.

Rekomendasi VPS Murah #3

Ardetamedia.com

VPS Murah #3

Ardetamedia merupakan penyedia web hosting profesional untuk berbagai skala kebutuhan mulai website pemula, menengah, hingga website besar seperti web forum dan situs toko online.

Selain menawarkan shared hosting murah seharga Rp 16.000 per bulan, perusahaan ini juga menawarkan email hosting dan layanan web hosting kelas atas seperti VPS dan dedicated server.

Saat ini Virtual Private Server termurah di Ardetamedia dibanderol seharga Rp 400.000 per bulan. Dengan biaya tersebut, pengguna akan mendapatkan VPS server Indonesia dengan CPU Core 2×2.0 GHz, RAM 2 GB, Disk Space 20 GB, dan Bandwidth unlimited / 1000 Mbps port.

Apa yang bisa dijadikan pertimbangan untuk menggunakan VPS Ardetamedia?

  • Hardware: Supermicro, HP, DELL Server Hardware, Intel Processors, PRO SSD / SAS Hard Drives, Enterprise-class Hardware.
  • Data Center: Cyber Building IIX Datacenter, Redundant UPS Battery Backup, Redundant Generator Power, 24×7 Onsite Security.
  • Network: 1Gbps IIX Link, 100Mbps International bandwidth, 4 usable IPv4, garansi Network Uptimum 99.9%.
  • Control Panel: WHM/cPanel & Softaculous.
  • Operating System: CloudLinux
  • Bentuk Virtualisasi: KVM
  • Server Management: Full Server Management, Instalasi Server Management, Server Management Per Case.

Silakan kunjungi website Ardetamedia untuk mempelajari lebih lanjut layanan VPS berkualitas dari Ardetamedia.

Penutup

Demikian review VPS murah dan terbaik di Indonesia. Anda dapat mempertimbangkan perusahaan yang saya rekomendasikan diatas jika belum memiliki pilihan yang dirasa sudah pas.

Diluar sana ada ratusan penyedia Virtual Private Server dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah VPS berkualitas dari perusahaan yang sudah memiliki track record dan telah digunakan banyak orang karena hal tersebut mencerminkan mutu layanan yang baik.